Protozoa: Kelas Rhizopoda (Sarcodina)

Posted on Updated on

Kelas Rhizopoda (Sarcodina)

Protoplasma Rhizopoda dapat menjadi kaki semu (pseudopodia) untuk bergerak dengan gerakan amoeboid. Hidup di air tawar, di laut dan parasit pada binatang lain/manusia. Berkembangbiak secara vegetative dengan membelah diri.

Contoh representative  : Amoeba proteus (a=tidak, moeba=bentuk)

                Hidup di tempat basah/tempat berair. Tubuh terdiri atas kulit luar (ektoplasma), selaput luar disebut plasmolemma. Bagian dalam disebut endoplasma yang padanya terdapat inti, rongga makanan, rongga berdenyut, bagian plasmagel, bagian plasmasol, dan butiran-butiran lemak. Rongga berdenyut berfungsi sebagai alat pengeluaran cairan supaya nilai osmosis isi sel terpelihara (gel berkadar air rendah, sel berkadar air rendah). Bila dari amoeba di ambil intinya, akan segera mati tetapi bila diambil protoplasmanya akan membentuk protoplasma baru. Amoeba memakan bakteri, Algae bersel satu dan makhluk hidup yang bersel satu lainnya. Makanan dicerna di rongga makanan, sisanya ditinggalkan . Berkembangbiak secara vegetative membelah diri di dahului dengan pembelahan intinya. Amoeba mengambil oksigen untuk pernapasan dan mengeluarkan karbon dioksida melalui selaput plasma.

Berdasarkan cara hidupnya Amoeba dapat dibedakan:

1. Hidup di luar tubuh organism lain/ manusia disebut Ecto Amoeba (Ectomoeba), contohnya Amoeba proteus.

2. Hidup didalam tubuh organism lain/manusia disebut ento Amoeba, contohnya Entamoeba dysenteries/entamoeba histolitica di usus halus dan Entamoeba coli penghuni usus tebal.

Contoh lain dari kelas Rhizopoda

1. Arcella vulgaris, rangka luar dari kitin, terdapat di air tawar

2. Difflugia corona, rangka luar mengandung pasir, terdapat di air tawar.

3. Foraminifera (Globierina bulloiders) rangka luar dengan zat kapur dengan celah-celah tempat keluarnya benang-benang protoplasma sebagai kaki semu (pseudopodia). Rangka yang telah kosong mengendap di dasar laut merupakan tanah globirena. Fosil-fosil Foraminifera berguna sebagai petunjuk dalam penyelidikan tanah yang mengandung minyak bumi.

4. Heliozoa (Actinophrys sol ) , rangka luar dari kersik, celah-celah teratur tempat keluarnya pseudopodia, hidup di air tawar.

5. Radiolaria, (Lichnapsis giltochii), rangka luar dari kersik, bercelah-celah tempat keluarnya pseudopodia, rangka luar yang kosong mengendap merupakan tanah radiolarian yang dimanfaatkan sebagai alat penggosok

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s