Flagellata

Posted on Updated on

Flagellata merupakan salah satu superkelas dari protista. Flagellata merupakan protista dengan ciriciri memiliki flagella atau bulu cambuk yang digunakan sebagai alat indera dan alat bantu menangkap makanan.

Flagellata

Saya sudah membaca beberapa tulisan tentang flagellata dan saya akan mencoba menjelaskan tentang flagellata dimulai dari alat geraknya

1. Alat gerak

Flagellata bergerak menggunakan flagel atau bulu cambuk yanjg berada pada ujung depan sel (anterior) dan adapun flagellata yang memiliki flagel pada ujung belakang sel (posterior).  Saat bergerak terlihat seakan menarik atau mendorong tubuhnya sendiri.

Flagel juga berfungsi sebagai alat indera dan alat bantu makan.

2. Alat Pernapasan

Flagellata memiliki alat pernapasan yang disebut stigma. Stigma berfungsi sebagai alat respirasi yang membakar hidrogen yang berada didalam kornel

flagellata tidak memiliki organ pernapasan secara khusus, dalam menghasilkan energi , flagellata membutuhkan oksigen atau dengan kata lain aerobik. Oksigen diperlukan sebagai akseptor untuk hidrogen.

3.  Alat atau cara reproduksi

Ada flagellata yang bereprodukssecara aseksual yaitu membelah secara membujur dan ada juga yang secara seksual yaitu konjugasi.

Flagellata terbagi menjadi dua menurut ada tidaknya klorofil atau kemampuan mencari makannya yaitu fitoflagellata (flagellata yang mampu berfotosintesis) dan zooflagellata yang tidak mampu berfotosintesis memperoleh makanannya dengan memakan organisme lain.

1. Fitoflagellata

Fitoflagellata memiliki kromatofora yang membuatnya mampu melakukan fotosintesis.  Kromatofora merupakan sejenis plasitida yang memiliki warna baik klorofil, karetonoid dan kromatofora lainnya.

Fitoflagellata terbagi atas 3 yaitu dinoflagellata, volvocida dan euglena.

  • Tubuh fitoflagellata diselubungi membran selulosa dan ada juga yang tersusun dari pelikel. pelikel merupakan lapisanl luar yang terbentuk  dari serabut plasma  yang tersusun dari protein
  • Cara makan fitoflagellata ada 3 yaitu holozoik (mencerna dalam tubuh), holofitrik (membuat sendiri makanannya), dan safrofitik (mencerna makanan yang sudah mati).

2. Zooflagellata

Zooflagellata ialah jenis flagellata tidak memiliki kloroplas dan hidup dengan parasit pada umumnya.

Struktur tubuh mirip sel leher porifera, bereproduksi dengan cara aseksual membelah diri secara longitudinal dan secara seksual belum anyak diketahui.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s