PEMANFAATAN BIJI JAGUNG MUDA UNTUK MENGOBATI PENYAKIT GATAL

Posted on Updated on

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Zaman globalisasi memungkinkan munculnya banyak inovasi-inovasi yang serba canggih, dimana semakin pesatnya dan canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Banyak negara-negara maju seperti China yang banyak memproduksi berbagai macam produk-produk diantaranya produk obat-obatan. Masyarakat cenderung mengkonsumsi obat-obatan dalam mengobati suatu penyakit.berbagai macam penyakit dapat disembuhkan dengan obat-obatan. Namun sebaliknya, banyak masyarakat yang mengkonsumsi obat-obatan dalam mengobati sakitnya,tetapi malah semakin parah. Akibatnya banyak warga yang menjadi korbannya. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam obat tersebut mengandung zat-zat yang sifatnya kimiawi yang berbahaya digunakan untuk kesehatan serta obat tersebut sudah tidak layak pakai atau kadarluwarsa. Menurut data penelitian Amerika setiap tahunnya sebanyak 100.000 umat manusia didunia ini keracunan obat-obatan, termasuk salah satunya adalah dampak yang dihasilkan dari efek samping pengguna obat-obatan kimia. Obat kimia bersifat paliatif artinya penyembuhan bersifat spekulatif yaitu bila tepat penyakit yang akan disembuhkan, bila tidak endapan obat akan menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh dan obat kimia ini bersifat desktruktif yaitu melemahkan organ tubuh lain terutama jika dipakai secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Adapun efek samping yang bisa ditimbulkan dari obat kimia ini adalah dapat menimbulkan iritasi lambung dan hati kerusakan ginjal,serta mengakibatkan lemak darah
Penyakit gatal-gatal merupakan hal yang sering diderita oleh masyarakat, yang disebabkan berbagai faktor yaitu kurangnya kebersihan diri dan lingkungan serta akibat alergi terhadap sesuatu sehingga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit manusia. Penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal diantaranya pada biji jagung muda.
Pengamatan yang dilakukan dengan cara peninjauan alam dan menetapkan objek yang dituju adalah tumbuh-tumbuhan, tumbuh-tumbuhan yang ingin diamati kriterianya adalah tumbuh-tumbuhan yang paling sering ditemukan dan mudah dijangkau, dan akhirnya setelah dilakukan pengamatan ternyata tumbuhan jagung yang ingin diamati lebih lanjut lagi.
Tumbuhan jagung kebanyakan sering dikonsumsi oleh penduduk Indonesia, selain itu digunakan sebagai bahan pangan dan bahan pakan.
Jagung (Zea mays) adalah tumbuhan yang tumbuh dimana-mana pada daerah tropis yang memiliki banyak manfaat. Manfaat jagung yaitu sebagai bahan makanan contohnya dapat dibuat menjadi tepung jagung atau tepung maizena, sebagai obat-obatan contohnya dalam mengobati penyakit gatal-gatal dan menghilangkan bekas luka, serta digunakan sebagai sumber energi alternatif contohnya seperti di Jepang membuat bahan baku casing komputer dari polomer jagung. Menurut sumber dari Wikipedia jagung, penghasil jagung banyak tersebar di wilayah Indonesia yaitu di Jawa timur sebesar 5 juta ton, Jawa Tengah sebesar 3,3 juta ton, Lampung sebesar 2 juta ton, Sulawesi Selatan sebesar 1,3 juta ton, Sumatera Utara sebesar 1,2 juta ton Jawa Barat sebesar 700-800 ribu ton, sisa lainnya (NTT, NTB,Jambi, dan Gorontalo) dengan rata-rata produksi jagung nasional 16 juta ton pertahun. Produksi jagung terbesar saat ini adalah Amerika Serikat sebesar 38,85%dan total produksi dunia diikuti China sebesar 20,97%, Brazil sebesar 6,45%, Mexico sebesar 3,16%,India sebesar 2,34%, Afrika Selatan sebesar 1,61%, Ukaina sebesar 1,44% dan Canada sebesar 1,34%. Sedangkan untuk negara-negara maju Uni Eropa sebesar 7,92% dan negara-negar lainnya 14,34%, total produksi jagung pada tahun 2008/2009 adalah sebesar 791,3 juta MT.
Pengamatan yang dilakukan dengan melihat tekstur dari jagung yang cocok dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit gatal-gatal, setelah mengamati biji jagung muda yang cocok karena memiliki tekstur yang lunak dalam proses pengobatan serta memiliki banyak kadar air disbanding jagung biasa.
Penyakit gatal-gatal merupakan hal yang sering diderita oleh masyarakat, yang disebabkan berbagai faktor yaitu kurangnya kebersihan diri dan lingkungan serta akibat alergi terhadap sesuatu sehingga dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit manusia. Penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal diantaranya pada biji jagung muda.
Biji jagung muda mempunyai banyak vitamin dan kaya akan protein dan karbohidrat yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan.
Ide ini kami dapatkan dari salah satu teman kami yang telah mencoba biji jagung muda ini sebagai pengobatan yang pada saat itu teman kami sedang terjangkit penyakit gatal dan setelah menggunakannya ternyata hasilnya bagus yaitu dapat mengobati penyakit gatal-gatalnya.

B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah karya tulis ini adalah bagaimanakah pemanfaatan biji jagung muda sebagai pengobatan penyakit gatal-gatal pada kulit manusia?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan biji jagung muda sebagai pengobatan penyakit gatal-gatal pada kulit manusia.
D. Manfaat Penulisan
Manfaat yang diharapkan dalam karya tulis ini adalah sebagai berikut.
a. Dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memilih obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan.
b. Sebagai acuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa obat alami berguna bagi kesehatan manusia.
c. Dapat mengetahui manfaat dari tumbuhan jagung khususnya jagung muda
d. Memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memilih obat
e. Sebagai sumber inspirasi dalam membuat inovasi terbaru
f. Sebagai sumber penulisan dalam referensi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s