PROFIL TANAH

Posted on Updated on

Berikut ialah postingan saya untuk mahasiswa pertanian yang masih baru alias maba, khususnya mahasiswa unhas. Tunggu postingan saya selanjutnya tentang tanah dan padi-padian

1. Perbedaan lahan dan tanah :
Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat hidup bagi makhluk hidup karna tanpa tanah tidak aka nada kehidupan. Sedangkan lahan adalah lingkungan fisik di permukaan bumi yang terdiri dari relief,iklim,tanah air dan sebagainya.

2. Pengertian solum,lapisan,horizon dan pedon :
 Solum adalah batuan yang melapuk dan mengalami proses pembentukan lanjutan.
 Lapisan adalah susunan yang dibentuk oleh berbagai lapisan dalam tanah yang dapat dibedakan secara geologi, kimia, dan biologi, serta proses pembentukannya
 Horizon adalah Lapisan-lapisan dalam penampang tanah, yang setiap lapisannya mempunyai karakteristik yang berbeda sebagai hasil proses perkembangan tanah.
 Pedon adalah

3. Apa yang akan di amati di lapangan,lapisan atau horizon ?
Jawab: yang akan di amati di lapangan ialah horizon yang terdapat pada tanah.

4. Apa yang mempengaruhi perbedaan warna pada tanah ?
Jawab: Penyebab perbedaan warna pada tanah ialah terletak pada perbedaan bahan organik. Makin tinggi kandungan bahan organik, warna tanah makin gelap. Bahan organik memberi warna kelabu, kelabu tua atau coklat tua pada tanah kecuali bila bahan dasarnya tertentu seperti oksida dan besi atau penimbunan garam memodifikasi warna.

5. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan tanah ?
Iklim.
Iklim merupakan faktor yang paling banyak berperan karna iklim menentukan sifat dari pelapukan yang terjadi iklim iklim meliputi curah hujan dan suhu :
Curah Hujan
Untuk curah hujan, makin banyak curah hujan maka keasaman tanah makin tinggi atau pH tanah makin rendah dan sebaliknya makin rendah curah hujan maka makin rendah tingkat keasaman tanah dan makin tinggi pH tanah.
Suhu (temperatur)
Suhu sangat berpengaruh bagi proses pembentukan tanah meliputi evapotranspirasi yang meliputi gerak air di dalam tanah, juga meliputi reaksi kimia bilamana suhu makin besar maka makin cepat pula reaksi kimia berlangsung.
Bahan Induk
bahan induk adalah komposisi kimia dan mineral bahan induk yang mempengaruhi proses pelapukan vegetasi yang tumbuh.bahan induk tersebut bersumber dari batuan dan bahan organik.dimana batuan terdiri atas batuan beku,sedimen.sedangkan bahan organik Bahan organik berperan terhadap kesuburan tanah dan berpengaruh juga ketahanan agregat tahan. Juga bahan organik mempunyai pengaruh terhadap warna tanah yang menjadikan warna tanah coklat kehitaman.serta terhadap ketersediaan hara dalam tanah.
Makhluk Hidup
Semua mahkluk hidup, baik hidupnya maupun sudah mati mempunyai pengaruh terhadap pembentukan tanah. Di antara makhluk yang paling berpengaruh adalah vegetasi karena jumlahnya banyak dan berkedudukan tepet untuk waktu yang lama, sedangkan hewan dan manusia berpengaruh tidak langsung melalui vegetasi.
Faktor Waktu
bahan induk mengalami pelapukan dan perkembangan tanah, memainkan peranan penting dalam menentukan jenis-jenis tanah terbentuk.contohnya gunung berapi.Didaerah beriklim tropika, pembentukan tanah dari bahan induk berupa abu gunung berapi berlangsung cepat, sehingga dalam waktu empat belas tahun sudah dapat terbentuk tanah yang cukup subur.

6. Apa yang di maksud dengan profil tanah ?
Jawab:Profil tanah adalah suatu irisan melintang pada tubuh tanah, dibuat dengan cara membuat lubang dengan ukuran panjang dan lebar serta kedalaman tertentu sesuai dengan keadaan tanah dan keperluan penelitian.
7. Gambarkan profil tanah lengkap dengan gambarnya ?

• Horison-horison Penyusun Tanah :
• Horison O (Merupakan horison organik yang terbentuk di atas lapisan tanah mineral)
• Horison A ( horison di permukaan yang merupakan campuran bahan organik dan bahan mineral.)
• Horison B (horison iluviasi (penimbunan) dari bahan-bahan yang tercuci di atasnya)
• Horison C (Bahan induk dan sedikiit terlapuk.)

 

 

 

 

 

 

 

8. Apa perbedaan sampael tanah utuh dan sampel tanah terganggu ?
Jawab: Tanah utuh biasanya di perlukan untuk analisis sifat fisik tanah.sedangkan tanah terganggu di perlukan untuk analisis kimia tanah.
9. Bagaimana cara pengambilan sampel tanah utuh dan terganggu ?
Jawab: pengambilan tanah utuh di lakukan dengan cara mengambil tanah menggunakan alat yang bernama ring samplers.sedangkan pengambilan sampel tanah terganggu dapat di lakukan dengan menggunakan cangkul,sekop.
10. Apa syarat-syarat penentuan penggalian profil ?
Jawab: 1.tegak (vertikal)
2.baru.
3.tidak terkena sinar matahari langsung
4.tidak tergenang air.
5.mewakili tapak sekeliling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s