TOPOGRAFI, TANAH, ATMOSFER DAN BIOTIKA

Posted on Updated on

  1. TOPOGRAFI

Komunitas tumbuhan berubah seiring dengan berubah dan bertambahnya ke-tinggian tempat ke arah pegunungan. Relief permukaan bumi memodifikasi semua fak-tor iklim. Pengaruh mendasar dari perubahan ketinggian tempat dari permukaan air laut (dpl) diperbesar oleh aspek dan keterjalan lereng yang dapat menghasilkan suatu mo-saik dari ekosistem yang tercermin dari bentuk-bentuk vegetasinya yang berbeda.

  1. Pengaruh Faktor Ketinggian (Altitude)

Topografi sering dipersempit artinya menjadi ketinggian tempat dari permukaan laut, dapat digunakan untuk menggambarkan perbedaan suhu, kelembaban dan curah hujan (Iklim). Suhu biasanya menurun seiring dengan meningkatnya ketinggian tempat. Holdrige (1967) mempergunakan laju penurunan suhu sekitar 60C untuk kenaikan 1000 meter. Angka ini lebih rendah dari laju adiabatik kering secara teori, yaitu 10C untuk ke-naikan 100 meter.

Bertambahnya ketinggian suatu tempat biasanya berassosiasi dengan mening-katnya keterbukaan dan kecepatan angin, hal ini mengakibatkan penurunan suhu dan mempengaruhi kelembaban. Ketinggian juga mempunyai arti tertentu terhadap hujan orografik, sehingga ekosistem pada daerah-daerah pegunungan sering menerima hu-jan yang lebih banyak dari pada daerah dataran. Dengan demikian modifikasi iklim se-cara makro berdasarkan ketinggian ini akan menghasilkan suatu zonasi ekosistem, yang biasanya juga sejalan dengan zonasi dari suhu. Ketinggian juga mampu memodi-fikasi kualitas cahaya, meningkatnya cahaya ultraviolet yang diterima vegetasi.

BAB. 2. FAKTOR LINGKUNGAN DALAM EKOLOGI TUMBUHAN

BAB. 4. EKOSISTEM.1

BAB. 5. SUKSESI

BAB. 3. ATMOSFER DAN BIOTIKA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s