MATERI : AKTIVITAS BIOKIMIA MIKROORGANISME

Posted on Updated on

    Mikroba melangsungkan proses metabolisme, pembelahan sel atau reproduksi dan berbagai aktifitas lainnya. Salah satu bentuk aktifitas mikroba yang sudah dimanfaatkan oleh manusia dengan sangat besarnya adalah kemampuan mikroba dalam melakukan suatu proses metabolisme yaitu kemampuan dalam melakukan proses fermentasi untuk menghasilkan produk bagi sel mikroba itu sendiri atau menghasilkan metabolik sekunder yang banyak dimanfaatkan oleh manusia.

    Proses metabolisme ini berlangsung akibat aktifitas biokimia mikroorganisme yang memanfaatkan nutris yang tersedia apakah berua unsur karbohidra, protein, lemak, mineral maupun vitamin. Semua aktifitas metabolisme ini hampir semuanya dapat diamati, bahkan dapat diukur kekuatannya. Reaksi metabolisme ini berbeda untuk setiap mikroorganisme, sehingga hal ini merupakan sifat yang penting untuk mengidentifikasi mikroorganisme.

    Beberapa mikroorganisme mempunyai enzim yang berguna untuk memecah senyawa komples polisakarida, protein dan lemak. Enzi mini merupakan enzim ekstraseluler, yang memecah senyawa tersebut dengan cara hidrolisis. Karbohidrase adalah enzim yang menghidrolisis polisakarida menjadi gula, protease menghidrolisis protein menjadi asam amino, dan peptide sedangkan lipase menghidrolisis lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Terjadinya pemecahan senyawa ini dapat diamati dengan menumbuhkan mikroorganisme pada medium yang mengandung senyawa tersebut.

    Mikroorganisme dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar yang kaya akan molekul kompleks dengan cara mensekresikan enzim yang disebut eksoenzim. Enzi mini mengkatalisis hidrolisis makromolekul menjadi molekul yang lebih sederhana seperti misalnya protein menjadi asam amino. Hidrolisis adalah proses penguraian molekul dengan penambahan air. Molekul yang kecil ini diangkut ke sitoplasma, sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi atau senyawa pemula dalam sintesis komponen sel.

    Hidrolisis polisakarida. Bila zat pati ini dihidrolisiskan dengan bantuan eksoenzim amylase, zat pati diuraikan menjadi maltose dan glukosa. Sakarida ini diangkut ke dalam sitoplasma sel dan digunakan sebagai sumber karbon dan energi.

    Zat pati bereaksi secara kimiawi dengan yodium, reaksi terlihat sebagai warna biru kehitaman, warna ini terjadi bila molekul yodium masuk ke dalam bagian kosong pada molekul zat pati (amilosa) yang berbentuk spiral. Proses yodinisasi zat pati menghasilkan molekul yang mengapsorps semua cahaya, terkecuali warna biru. Bila zat pati telah diuraikan menjadi maltose atau glukosa, warna biru ini tidak terjadi karena tida adanya bentuk spiral. Tidak terbentuknya warna sewaktu penambahan larutan yodium ke dalam media spiral menunjukkan adanya hidrolisis pati.

    Jika bakteri membentuk amylase dalam media yang mengandung zat pati, maka zat pati disekeliling pertumbuhan bakteri dihidrolisiskan. Bila beberapa tetes larutan yodium ditambahkan pada lempengan agar, tidak terlihat pembentukan warna di sekeliling pertumbuhan. BIla zat pati tidak dihidrolisiskan, terlihat warna biru kehitaman disekeliling pertumbuhan.

    Hidrolisis protein dilakukan oleh mikroba pada media yang mengandung protein, dimana oleh enzim proteinase dhidrolisis menjadi asam amino yang digunakan oleh mikroorganisme sebagai sumber karbon dan energi. Bila mikroorganisme menghasilkan eksoenzim proteinase, yang menghidrolisis protein, maka wilayah disekeliling koloni bakteri terlihat jernih, kejernihan ini disebabkan molekul protein yang diuraikan. Asam amino yang dihasilkan dari proses penguraian ini larut dalam media, sehingga kekeruhan disekeliling koloni bakteri akan hilang.

MORE AT JURUSANBIOLOGI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s