Kanker (Cancer)

Posted on

Apa itu kanker ?

Kanker berhubungan dengan kita  semua. Kita semua mengenal orang orang yang pernah terkena penyakit kanker. Terkadang mereka sembuh. terkadang mereka meninggal. Terkadang berlangsung cepat. terkadang lambat bahkan sangat lambat Terkadang ada rasa nyeri dan sering yang bersangkutan merasa lelah, sangat lelah.  

Jurusan biologi——- Akhirnya. Kanker sesudah bertahun-tahun dapat kambuh kembali. Kata kanker berasal dan kata yunani. karkinos, yang berarti udang karang dan merupakan istilah umun  untuk ratusan tumor ganas yang masing-masing sangat berbeda satu sama lain.Penyakit Kanker adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal. Sel-sel kanker akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali, dan akan terus membelah diri, selanjutnya menyusup ke jaringan sekitarnya (invasive) dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, dan menyerang organ-organ penting serta syaraf tulang belakang. Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah diri jika ada penggantian sel-sel yang telah mati dan rusak. Sebaliknya sel kanker akan terus membelah  meskipun tubuh tidak memerlukannya, sehingga akan terjadi penumpukan sel baru yang disebut tumor ganas. Penumpukan sel tersebut mendesak dan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ yang ditempatinya. Kanker dapat terjadi diberbagai jaringan dalam berbagai organ di setiap tubuh, mulai dari kaki sampai kepala. Bila kanker terjadi di bagian permukaan tubuh, akan mudah diketahui dan diobati. Namun bila terjadi didalam tubuh, kanker itu akan sulit diketahui dan kadang – kadang tidak memiliki gejala. Kalaupun timbul gejala, biasanya sudah stadium lanjut sehingga sulit diobati.


Di Amerika Serikat dan beberapa negara berkembang lainnya, kanker sekarang ini bertanggung jawab untuk sekitar 25% dari seluruh kematian.Dalam setahun, sekitar 0,5% dari populasi terdiagnosa kanker.


Pada pria dewasa di Amerika Serikat, kanker yang paling umum adalah kanker prostat (33% dari seluruh kasus kanker), kanker paru-paru (13%), kanker kolon dan rektum (10%), kanker kandung kemih (7%), dan “cutaneous melanoma (5%). Sebagai penyebab kematian kanker paru-paru adalah yang paling umum (31%), diikuti oleh kanker prostat (10%), kanker kolon dan rektum (10%), kanker pankreas (5%) dan leukemia (4%).

        Untuk dewasa wanita di Amerika Serikat, kanker payudara adalah kanker yang paling umum (32% dari seluruh kasus kanker), diikuti oleh kanker paru-paru (12%), kanker kolon dan rektum (11%), kanker endometrium (6%, uterus) dan limfoma non-Hodgkin (4%). Berdasarkan kasus kematian, kanker paru-paru paling umum (27% dari kematian kanker), diikuti oleh kanker payudara (15%), kanker kolon dan rektum (10%), kanker indung telur (6%), dan kanker pankreas (6%).

       Statistik dapat bervariasi besar di negara lainnya. Di Indonesia, kanker menjadi penyumbang kematian ketiga terbesar setelah penyakit jantung. Penyebab utama kanker di negara tersebut adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga, merokok, dan pola makan yang tak sehat. Pada tanaman, kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis jamur/ bakteri tertantu. Pola invasi kanker tanaman dan kanker pada manusia sangat berbeda.

Jenis kanker dapat dikelompokkan ke dalam kategori yang lebih luas. Kategori-kategori utama kanker meliputi:

  • Karsinoma – kanker yang dimulai di kulit atau pada jaringan yang melapisi atau menutupi organ internal. Ada beberapa subtipe dari karsinoma, termasuk adenokarsinoma, karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan karsinoma sel transisional. Karsinoma, jenis yang paling umum kanker, timbul dari sel-sel yang menutupi permukaan tubuh eksternal dan internal. Paru, payudara, dan usus besar adalah kanker yang paling sering dari jenis ini di Amerika Serikat.
  • Sarkoma – kanker yang dimulai di tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, atau jaringan penghubung atau pendukung lainnya. 
  • Leukemia – Leukemia adalah kanker dari sel-sel darah yang belum matang yang tumbuh di sumsum tulang . Jenis kanker ini dimulai di jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan sejumlah besar sel darah abnormal diproduksi dan memasuki darah.
  • Limfoma dan myeloma – kanker yang dimulai di sel-sel sistem kekebalan tubuh dan kelenjar getah bening
  • kanker sistem saraf Pusat  – kanker yang dimulai di jaringan otak dan sumsum tulang belakang.

Sumber:

http://www.cancerhelps.com/kanker.htm

http://www.cancer.gov/cancertopics/understandingcancer/cancer/page2

http://www.cancer.gov/cancertopics/cancerlibrary/what-is-cancer

http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker

Jemal A, Murray T, Ward E, Samuels A, Tiwari RC, Ghafoor A, Feuer EJ, Thun MJ. Cancer statistics, 2005. CA Cancer J Clin 2005;55:10-30. Fulltext. PMID 15661684
Departemen Kesehatan Bentuk Subdirektorat Kanker”. TEMPO Interaktif. 5 Februari 2006. Diakses 14 Maret 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s